Langsung ke konten utama

Pembangunan LRT dan Jalan Tol Di Serpong menjanjikan prospek Investasi

Serpong Garden Apartment — Pengembang Sinarmas Land yang membangun kota baru BSD City di Tangerang, Banten, akan membangun kereta ringan (light rail transit/LRT) di kawasan kota baru tersebut.

"Saya menyambut baik tawaran Real Estat Indonesia (REI) yang akan mempertemukan empat pengembang besar di wilayah Serpong, Tangerang, untuk mewujudkan pembangunan kereta ringan. Namun, jika pembahasan tentang kereta ringan ini berlarut-larut dan terlalu lama, Sinarmas Land akan membangun lebih dahulu dengan bantuan Jepang," kata CEO Sinarmas Land Michael Widjaja dalam percakapan dengan Kompas, Sabtu pekan lalu.


Awal April lalu, Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata di Bali menyatakan, REI akan mempertemukan empat pengembang besar, yaitu Sinarmas Land, Summarecon Serpong, Paramount Serpong, dan Alam Sutera, untuk membahas rencana kereta ringan yang menghubungkan antarkawasan di Serpong.

Saat itu, Direktur Utama PT PP Infrastructure Didik Mardiyanto mempresentasikan Metro Kapsul, kereta ringan yang sebagian besar bahan baku dibuat di Indonesia dan biaya per gerbong relatif lebih murah dibandingkan proyek kereta ringan lain (Kompas, 3 April 2017).

Menurut Michael Widjaja, Sinarmas Land sudah membahas rencana pembangunan LRT dengan Jepang. "Saya tidak ingin banyak bicara atau janji. Lebih baik bangun dan tiba-tiba sudah beroperasi," kata cucu taipan Eka Tjipta Widjaja itu.

Kereta ringan itu direncanakan berhenti di stasiun-stasiun KRL di wilayah BSD, pusat perbelanjaan, kampus dan halte/terminal bus transjabodetabek.

Kereta ringan akan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas dan polusi udara di wilayah BSD. "Kami berharap warga BSD mengutamakan naik transportasi publik. Naik mobil pilihan terakhir," kata Michael.
Saat ini, pengembang Sinarmas Land memperbesar dan mempercantik Stasiun KRL Cisauk serta mengembangkan intermoda transportasi. Renovasi Stasiun Cisauk dijadwalkan selesai pada kuartal kedua 2018. Pengguna KRL kelak dapat melanjutkan perjalanan dengan bus shuttle ke sejumlah lokasi di BSD. Stasiun Cisauk juga menyediakan lahan park and ride untuk memudahkan pengguna KRL memarkirkan kendaraan di stasiun jika bepergian ke Jakarta.

Lokasi Stasiun Cisauk berdekatan dengan kampus baru Universitas Katolik Atma Jaya di BSD. Dalam tiga tahun ke depan, 4.000-5.000 mahasiswa Atma Jaya akan kuliah di kampus baru.

Jalan tol baru

Michael juga mengatakan, Sinarmas Land bersama Astratel Nusantara (Astra Infrastructure) dan Kompas Gramedia sejak akhir 2016 membangun Jalan Tol Serpong-Balaraja (30 kilometer), lanjutan Tol JORR-Pondok Indah-Bintaro-Serpong. Tahap pertama, Serpong-Legok (9,3 km) akan beroperasi pada 2018 dengan tiga gerbang keluar/masuk.

"Jalan tol ini nantinya memiliki pintu keluar-masuk di sekitar Mal Aeon atau Indonesia Convention Exhibition (ICE) dan di dua lokasi pengembangan baru BSD ke arah barat," kata Michael. (KSP)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stasiun Cisauk Gerbang utama Urban Transportasi di BSD terhubung Serpong Garden Apartment

Bumi Serpong Damai (BSD) atau BSD city merupakan sebuah kota satelit yang terbentuk dari pesatnya perkembangan kota metropolitan ibukota Jakarta. BSD City terletak di kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. dan kecamatan Cisauk & Pagedangan Kabupaten tangerang. Yang memiliki perencanaan kawasan Permukiman dan perumahan lengkap dengan kawasan industri, perdagangan, perkantoran, pendidikan dan wisata. Berdasarkan Master Plan Proyek Pembangunan BSD City yang telah memasuki tahap pembangunan ke 2 (BSD tahap 2) akan menghadirkan sebuah kawasan Central Baru yaitu kawasan komersial intermodal yang terletak di bagian selatan BSD City dan tepat di sebelah Universitas Atmajaya, jalur kereta api provinsi dan rencana jalan tol Serpong-Jakarta. Kawasan Intermodal BSD akan dilengkapi dengan fasilitas seperti Pasar Modern, ITC, Apartemen, dan hotel. Disamping itu distrik Intermoda akan diposisikan untuk menjadi pusat jalur transportasi dan pintu gerbang dari BSD City. BSD City

PT Harapan Inti Persada Indah (HIPI)

PT Harapan Inti Persada Indah (HIPI) berdiri sejak tahun 1987. Proyek pertama pengembang ini adalah perumahan Persada Banten. Pada tahun 2007, HIPI kemudian membangun proyek perumahan Serpong Garden 1 seluas kurang lebih 45 hektar. Seiring berjalannya waktu, HIPI melakukan ekspansi dengan mengembangkan perumahan Serpong Garden 2 di atas lahan 35 hektar. Saat ini, sudah terbangun 3.500 unit rumah seluas 80 hektar dan sudah ditempati hingga kurang lebih 2000 kepala keluarga. Semetara itu, Karya Cipta Group mengawali bisnisnya dengan pembangunan gedung-gedung high-rise perkantoran dan hunian vertikal. Karya Cipta Group membangun reputasinya dengan beragam proyek prestisius seperti Gedung Kantor Sudirmam 78, Loft Apartements Satu8, East8 at Cibubur dan Selatan8 Residence. Mereka juga menyediakan produk hunian berupa perumahan berstandar internasional untuk semua segmen pasar. Dengan visi dan misi untuk selalu mengembangkan proyek strategis bernilai investasi tinggi, Karya Citra Gr

Stasiun Cisauk dan Cikupa Direvitalisasi

TEMPO.CO ,  Tangerang  - Kabar gembira bagi masyarakat pengguna setia transportasi massal kereta api Tangerang-Jakarta. Dua stasiun kereta api, yakni Cisauk dan Cikuya, segera direvitalisasi total dalam waktu dekat. Pemerintah Kabupaten Tangerang yang bekerja sama dengan pengembang, PT Kereta Api, dan Kementerian Perhubungan, akan merevitalisasi kedua stasiun itu pada 2012 dan 2013. "Revitalisasi dua stasiun kereta api ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan layanan moda transportasi massal bagi masyarakat luas," ujar Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Tangerang, Syafrudin, kepada Tempo, Ahad, 4 November 2012.  Syafrudin mengatakan, untuk revitalisasi Stasiun Cisauk akan dilakukan sepenuhnya oleh pengembang Bumi Serpong Damai (BSD). BSD, kata dia, telah meneken nota kesepahaman (MoU) dengan pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api. "Sehingga kami (Pemda Kabupaten Tangerang) fokus untuk menangani Stasiu